close

Halo, Apa yang Anda butuhkan?

Lengkapi data pribadi Anda di bawah ini

*Nama Anda
border_color
*Berapa Usia Anda
account_circle
*Tahap Kehidupan
accessibility keyboard_arrow_down
* Tanggungan Anda
group keyboard_arrow_down
* Penghasilan Anda Per Tahun
keyboard_arrow_down
*) Informasi wajib diisi.

Pilih solusi perlindungan yang sesuai tahap kehidupan Anda.

solusi_perlindungan_anda

Cara Meningkatkan Kadar Dopamin

Dopamin adalah pembawa pesan kimia penting di otak yang memiliki banyak fungsi, seperti memori dan bahkan mengatur gerakan tubuh

Dopamin adalah pembawa pesan kimia penting di otak yang memiliki banyak fungsi, seperti memori dan bahkan mengatur gerakan tubuh. Ketika dopamin dilepaskan dalam jumlah besar, ini akan menciptakan perasaan senang yang memotivasi Anda untuk mengulang perilaku tertentu. Kadar dopamin biasanya diatur dengan baik dalam sistem saraf, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kadar dopamin secara alami.

1. Makan Banyak Protein

Dopamin secara alami diproduksi dari asam amino tirosin dan fenilalanin, yang keduanya dapat diperoleh dari makanan kaya protein, seperti ayam, daging sapi, telur, susu, kedelai dan kacang-kacangan.

Penelitian menunjukkan asupan asam amino yang sangat tinggi ini dapat meningkatkan kadar dopamin di otak. Meskipun penelitian ini tidak menunjukkan apakah asupan asam amino normal akan berdampak pula pada kadar dopamin.


2. Kurangi makan lemak jenuh

Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa diet tinggi lemak jenuh dapat mengurangi sinyal dopamin di otak, yang mengarah ke respons sistem penghargaan di otak. Selain itu, perlu mengurangi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi, karena dapat menurunkan level dopamin di otak.

Namun, hal ini belum jelas apakah berlaku pada manusia juga. Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal ini.


3. Sering berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan dapat meningkatkan kadar dopamin ketika dilakukan secara teratur. Peningkatan suasana hati dapat dilihat setelah setidaknya 10 menit melakukan olahraga aerobik tetapi cenderung paling tinggi setelah setidaknya 20 menit.

Olahraga aerobik teratur juga bermanfaat bagi orang dengan penyakit Parkinson, yaitu kondisi di mana tingkat dopamin yang rendah mengganggu kemampuan otak untuk mengontrol gerakan tubuh.


4. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat mengurangi sensitivitas dopamin di otak, yang menyebabkan perasaan kantuk berlebihan. Beristirahat malam yang baik dapat membantu mengatur ritme dopamin alami tubuh Anda.

Tidur teratur dan berkualitas tinggi dapat membantu menjaga kadar dopamin Anda seimbang dan membantu Anda merasa lebih waspada dan berfungsi tinggi pada siang hari.


5. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merangsang pelepasan dopamin di otak.

Karena musik dapat meningkatkan kadar dopamin, mendengarkan musik bahkan dapat membantu orang dengan penyakit Parkinson meningkatkan kontrol motorik halus.

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat apakah lagu dengan lirik memiliki efek yang sama, atau berpotensi lebih besar.


Sumber: Hellosehat.com

Menjaga Kesehatan

Apakah Anda sudah terlindungi?

Berikut adalah rekomendasi produk investasi terbaik dari BNI Life untuk mengatur keuangan Anda.

BNI LIFE PERISAI PLUS

Dapatkan manfaat perlindungan Asuransi Perisai Plus sebesar 300%

lebih lanjut

Produk Unggulan Optima Group Health

Penggantian Biaya Rumah Sakit Bebas Memilih Rumah Sakit & Dokter Klaim Mudah & Cepat

lebih lanjut

Spectra Double Power

Kepastian perlindungan atas jiwa dan uang Anda

lebih lanjut