Sekilas BNI Life

Dengan pengalaman lebih dari 19 tahun, BNI Life terus meneguhkan komitmen untuk berupaya memberikan nilai tambah pada setiap sisi kehidupan Anda.

PT BNI Life Insurance (BNI Life) merupakan perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai produk asuransi seperti Asuransi Kehidupan (Jiwa), Kesehatan, Pendidikan, Investasi, Pensiun dan Syariah. Dalam menyelenggarakan kegiatan usahanya, BNI Life telah memperoleh izin usaha di bidang Asuransi Jiwa Berdasarkan surat dari Menteri Keuangan Nomor 305/KMK.017/1997 tanggal 7 Juli 1997. Pendirian BNI Life, sejalan dengan kebutu-
han perusahaan induknya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, untuk menyediakan layanan dan jasa keuangan terpadu bagi semua nasabahnya (one-stop financial services).

Saat ini BNI Life telah hadir melalui 4 saluran distribusi yaitu Agency, Bancassurance, Employee Benefits dan Syariah. Agency dipasarkan melalui agen-agen yang memasarkan produk individu, sedangkan Bancassurance dipasarkan melalui jaringan BNI di seluruh Indonesia. Employee Benefits dikhususkan bagi produk-produk asuransi kumpulan ke perusahaan-perusahaan, sedangkan syariah memasarkan produk asuransi baik individu, ataupun kumpulan dengan prinsip syariah.

Pada tanggal 11 Maret 2014, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan persetujuan perubahan kepemilikan saham PT BNI Life Insurance (”BNI Life”). Berdasarkan persetujuan tersebut pada tanggal 21 Maret 2014, BNI Life telah menyelenggarakan RUPSLB dengan agenda penerbitan saham baru sebanyak 120.279.633 lembar yang diambil seluruhnya oleh Sumitomo Life Insurance Company.

Terhitung sejak tanggal 9 Mei 2014, BNI Life telah menjadi perusahaan asuransi kehidupan (jiwa) joint venture dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk tetap menjadi pemegang saham pengendali sebesar 60,000000%; Sumitomo Life Insurance Company memiliki 39.999993%; 0.000003% dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Karyawan (YKP) BNI dan 0,000003% dimiliki oleh Yayasan Danar Dana Swadharma (YDD).

Makna, Visi, Misi & Nilai Perusahaan

Makna

Melindungi Setulus Hati,
Mensejahterakan Kehidupan Bangsa

Visi

Menjadi perusahaan asuransi terkemuka kebanggaan bangsa.

Misi

Memberikan perencanaan masa depan dan perlindungan yang terpercaya dengan layanan prima dan kinerja keuangan yang optimal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang lebih berkualitas.

Nilai-nilai Perusahaan

  1. Integrity

    Menjunjung tinggi kejujuran dan keselarasan dalam pemikiran, perkataan serta perbuatan

  2. Customer Oriented

    Memberikan kualitas pelayanan kebutuhan pelanggan internal dan eksternal melebihi dari yang mereka harapkan

  3. Trust

    Dapat dipercaya dan teguh memegang amanah dalam memenuhi janji baik kepada nasabah maupun rekan kerja

  4. Passion for Excellence

    Selalu memberikan hasil kerja terbaik dan terus meningkatkan keahlian

  5. Team Work

    Membina sinergi dan kerja sama antar individu dengan optimal untuk mencapai tujuan yang ditetapkan bersama

  6. Innovative

    Menggunakan dengan maksimal semua sumber daya yang ada dengan kreativitias tinggi untuk menghasilkan perbaikan dan perubahan berkala

  7. Embrace Change

    Aktif melakukan perubahan yang diperlukan dan siap menerima dan menjalankan perubahan yang terjadi kapan saja diperlukan

Prinsip Pedoman (3P, 3S dan 3C)

People

Karyawan BNI Life adalah mereka yang memiliki daya saing tinggi, bertanggung jawab terhadap tugasnya, mampu mengikuti arah perubahan, dan dapat bekerja secara efisien, sehingga selalu mempunyai kesempatan untuk berkembang dan meningkatkan kualitas pribadi diperusahaan.

Product

BNI Life senantiasa berpikir inovatif, memiliki gairah (passion) tinggi, dan berpandangan (vision) jauh ke depan, dalam menentukan dan menciptakan produk-produk unggulan yang dikemas dengan baik sebagai produk andalan yang sesuai dengan dinamika perubahan iklim usaha maupun kebutuhan masyarakat.

Process

Seiring dengan transformasi perusahaan, kami telah mengadopsi teknologi terkini Sun System untuk keperluan akuntansi, disusul dengan Software Prophet untuk keperluan aktuaria. Untuk langkah ke depan, diharapkan perusahaan sudah memiliki core system asuransi jiwa yang baru dan handal.
Perubahan dalam penerapan teknologi ini harus diarahkan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi peningkatan layanan yang lebih baik untuk para nasabah, mitra bisnis dan kepentingan penyelenggara Perusahaan.

Synergy

Mulai tahun 2012, wujud transformasi perusahaan di sisi bisnis adalah dengan menjadikan Bancassurance sebagai tulang punggung pertumbuhan perusahaan melalui kerja sama dengan BNI. Tiga pilar lainnya, yaitu Agency, Employee Benefits dan Syariah tetap akan dikembangkan secara optimal dan dijalankan dengan memanfaatkan setiap kesempatan dan potensi untuk bersinergi dengan unit bisnis perusahaan yang lain.

Segmented Sales

Upaya meningkatkan pertumbuhan penjualan akan dilakukan dengan strategi segmentasi pasar sejalan dengan perubahan potensi pasar yang teridentifikasi, tingkat persaingan dan kecepatan persiapan yang dapat dilakukan oleh perusahaan.

Service Standard

Melalui Balanced Score Card, perusahaan mendorong dedikasi seluruh karyawan untuk meningkatkan kemampuan pelayanan dengan meningkatkan daya saing, efisiensi, dan tanggung jawab, sehingga mampu mengikuti arah perubahan. Peningkatan tersebut mendorong karyawan untuk dapat memberikan pelayanan dengan standar tinggi dan sejajar dengan pesaing yang telah maju.

Customer Focus

Setiap strategi yang ditetapkan dan kebijakan yang dilaksanakan didasarkan pada sudut pandang kebutuhan dan kepentingan nasabah tanpa merugikan kepentingan perusahaan.

Compliance

Operasional perusahaan harus selalu memenuhi persyaratan compliance yang ada sehingga arah perubahan perusahaan tetap dapat dijalankan dengan tata kelola yang mematuhi aturan dan rambu-rambu yang ada, termasuk SOP dan work flow yang tersedia dan adanya check and balance dalam setiap kegiatan.
Berlandaskan compliance yang dijalankan dengan tata kelola sesuai aturan dan rambu-rambu yang ada, perusahaan senantiasa menetapkan strategi kebijakan berdasarkan sudut pandang kebutuhan dan kepentingan nasabah tanpa merugikan kepentingan perusahaan.

Cost Effectiveness

Setiap langkah pengeluaran biaya yang akan dilakukan terlebih dahulu harus dikaitkan dengan potensi dan kemampuan memperoleh hasil dan akan selalu diikuti dengan kajian dan pengawasan yang berkelanjutan.

Profil Manajemen

1. Direksi

Geger N. Maulana SE, Ak, MM
Wakil Direktur Utama (PLT Direktur Utama)

Beliau bergabung dengan Bank BNI sejak 1998 dan menjabat sebagai Wakil Direktur Utama BNI Life sejak 2011. Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi (Akuntansi) dari Universitas Padjajaran, serta gelar Magister Management, Master of Finance dari Universitas Gadjah Mada. Beliau juga memperoleh gelar Certified Banking Auditor (CBA) dari BAI/Bankers Training and Certifications Center, Chicago, Amerika Serikat.

Intan Abdams Katoppo
Direktur

Beliau resmi menjabat sebagai Direktur BNI Life sejak Maret 2016. Meraih gelar Magister Management bidang finance and capital market dari Universitas Indonesia, juga pelatihan mengenai leadership management dari MIT Sload School of Management dan Consumer Banking dan Harvard Business School. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour dan menjabat sebagai Executive Vice President pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Hirokazu Todaka
Direktur

Beliau resmi menjabat sebagai Direktur Manajemen Risiko BNI Life sejak Agustus 2014. Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Kobe, Jepang dan merupakan perwakilan dari Sumitomo Life Jepang. Hingga tahun 2014, Beliau bertanggungjawab sebagai General Manager pada Sales Training dan Compliance Sumitomo Life Jepang.

Naruyoshi Kuwata
Direktur

Beliau resmi menjabat sebagai Direktur BNI Life sejak September 2017. Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Hotoshubashi, Jepang dan merupakan perwakilan dari Sumitomo Life Jepang. Hingga tahun 2014, Beliau bertanggungjawab sebagai General Manager pada Departemen Hubungan Institusi Keuangan Sumitomo Life Jepang.

2. Dewan Komisaris

Krisna Wijaya
Komisaris Utama/ Komisaris Independen

Beliau resmi menjabat sebagai Komisaris BNI Life sejak Oktober 2015. Beliau meraih gelar Doktor untuk Studi Antar Bidang (Ekonomi-Keuangan dan Kebijakan Publik) dari Universitas Gajah Mada. Sejak tahun 2000 hingga saat ini, beliau aktif sebagai pengajar dan Senior Advisor di Lembaga Pengembangan Perbankkan Indonesia. Beliau juga pernah menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dari tahun 2010 hingga 2015.

Darwin Suzandi
Komisaris

Beliau bergabung di BNI Life sejak Oktober 2015. Beliau meraih gelar Master International Business & General Management dari University of Wisconsin. Saat ini, beliau menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pengawas Dana Pensiun BNI dan Komite Audit di Bank Permata. Beliau juga aktif sebagai pengajar di Universitas Pancasila.

Kazuhiko Arai
Komisaris

Beliau resmi menjabat sebagai Komisaris BNI Life sejak September 2017. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur BNI Life sejak tahun 2014. Beliau meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Keio, Jepang dan merupakan perwakilan dari Sumitomo Life Jepang. Hingga tahun 2014, Beliau bertanggungjawab sebagai General Manager pada Departemen Bisnis Internasional Sumitomo Life Jepang.

Husain Abdullah
Komisaris Independen

Beliau bergabung di BNI Life dan resmi menjabat sebagai Komisaris Independen sejak April 2017. Beliau meraih gelar Sarjana dan Magister Hubungan Internasional dari Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Hasanudin, Makasar pada tahun 2009. Beliau saat ini menjabat sebagai Komisaris di Pupuk Iskandar Muda, dan Juru Bicara Wakil Presiden Republik Indonesia di Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia.

Wiriadi Saputra
Komisaris Independen

Beliau resmi menjabat sebagai komisaris BNI Life sejak April 2015. Beliau meraih gelar sarjana dari Institut Teknologi Bandung. Sejak 2009 hingga 2014 beliau menjabat sebagai Direktur Operasi dan Teknologi (COO) di PT Sunlife Indonesia Services. Sebelumnya beliau juga pernah bekerja di Asuransi Cigna, AIG LIfe, Metlife Sejahtera dan AIG Lippo.

3. Dewan Pengawasan Syariah

Dr. (HC) K.H. Ma’ruf Amin
Ketua

Pria kelahiran Tangerang ini bergabung dengan BNI Life dan menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Syariah sejak 2003. Beliau menyelesaikan studinya pada 2007 dari Fakultas Ushuluddin Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, dan dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa pada Mei 2012 untuk Hukum Ekonomi Syariah dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. Saat ini beliau juga menjabat sebagai anggota Dewan Penasehat Kesehatan dan Syariah Kementrian Kesehatan RI, anggota Komite Syariah Bank Indonesia, serta Dewan Pengawas Syariah untuk beberapa bank dan asuransi.

Ir. Agus Haryadi, AAAIJ, FIIS, ASAI
Anggota

Beliau bergabung dengan BNI Life dan menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah sejak 2010. Beliau meraih gelar Sarjana Matematika dari Institut Teknologi Bandung. Saat ini, beliau juga merupakan anggota Dewan Pengawas Syariah pada beberapa perusahaan lain.

 

Prof. Dr. H. Utang Ranuwijaya, MA
Anggota

Beliau bergabung dengan BNI Life dan menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah sejak 2003. Beliau meraih gelar Sarjana dari Fakultas Syariah IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, serta gelar Magister dan Doktor dari IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

4. Struktur Organisasi (Unit Kinerja dan Support)

Penghargaan

The Best People Development Gold

BNI Life Insurance

The Best Employee Engagement Platinum

BNI Life Insurance

The Best Islamic Life Insurance (Asset 250 – 700 Billion)

BNI Life Insurance

The Most Expanding Contribution Islamic Life Insurance Asset 250 Billion

BNI Life Insurance

Warta Ekonomi Indonesia Sharia Finance Award 2017 – Best Digital Life Insurance

BNI Life Insurance

Warta Ekonomi Indonesia Sharia Finance Award 2017 – Best Service Life Insurance

BNI Life Insurance

Warta Ekonomi Indonesia Sharia Finance Award 2017 – Best Sharia Unit Life Insurance

BNI Life Insurance

Penghargaan Exceptional Call Center

Customer Service Call Center BLife

Pernghargaan Exceptional E-mail Center

Customer Service E-mail Center BLife

Unit Link Awards 2016

BLife Stabil Syariah

Unit Link Awards 2016

B-life Syariah Berimbang

Best Life Insurance 2016

Ekuitas Rp 2,5 Triliun ke Atas

Contact Center Service Excellence Award 2016

Customer Service Email Centers

Majalah Investor Awards Best Insurance 2016

Asuransi Jiwa Beraset di atas Rp 5 Triliun – Rp 15 Triliun

The 12th Islamic Finance Award 2016

The Best Risk Management Islamic Life Insurance Sharia Unit – Asset >= 250Bn

The 12th Islamic Finance Award 2016

The Most Expansive Insurance Islamic Life Insurance Sharia Unit – Asset >= 250Bn

Contact Center Service Excellence Award 2015

BNI Life Insurance Call Center

Contact Center Service Excellence Award 2015

Customer Service Email Centers

Laporan Tahunan

Annual Report 2016

Annual Report 2016

Lihat

Annual Report 2015

Unit Link Awards 2016

Lihat

Annual Report 2014

Annual Report 2014

Lihat

Annual Report 2013

Annual Report 2013

Lihat

Annual Report 2012

Annual Report 2012

Lihat

Mars BNI Life

Lirik Lagu Mars BNI Life

Kami datang membawa harapan
Kehidupan yang lebih bersinar
Kerjasama demi satu tujuan
Takwa pada Tuhan

Integritas menjadi yang terdepan
Selalu terbuka terhadap perubahan

BNI Life bekerja tulus hati
BNI Life ciptakan inovasi
BNI Life membangun masa depan
BNI Life kebanggaan indonesia

Kami datang membawa harapan
Kehidupan yang lebih bersinar
Kerjasama demi satu tujuan
Takwa pada Tuhan

Integritas menjadi yang terdepan
Selalu terbuka terhadap perubahan

BNI Life bekerja tulus hati
BNI Life ciptakan inovasi
BNI Life membangun masa depan
BNI Life kebanggaan Indonesia

Roadmap

2012

Membangun fondasi untuk pengembangan kapasitas (capacity building)

Memberdayakan bisnis Bancassurance sebagai tulang punggung usaha perusahaan

2013

Percepatan pertumbuhan bisnis, perbaikan kualitas layanan dan aliansi strategis

Mendapat pengakuan dari masyarakat atas peningkatan layanan call center

2014

Inovasi nilai (Value Innovation)

Memperoleh pengakuan dan kepuasan dari masyarakat dan para nasabah sebagai bukti keandalan layanan

Kinerja keuangan berada di atas rata-rata industri asuransi jiwa

2015

Menjadi perusahaan terdepan dalam hal kinerja finansial dan kualitas layanan

Pencapaian berbagai penghargaan dari pihak eksternal

Menjadi perusahaan asuransi jiwa pilihan masyarakat

Laporan Keuangan