close

Halo, Apa yang Anda butuhkan?

Lengkapi data pribadi Anda di bawah ini

*Nama Anda
border_color
*Berapa Usia Anda
account_circle
*Tahap Kehidupan
accessibility keyboard_arrow_down
* Tanggungan Anda
group keyboard_arrow_down
* Penghasilan Anda Per Tahun
keyboard_arrow_down
*) Informasi wajib diisi.

Pilih solusi perlindungan yang sesuai tahap kehidupan Anda.

solusi_perlindungan_anda

Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Terdapat beberapa perbedaan yang mendasar pada Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Perbedaan Tabungan Pendidikan Anak dan Asuransi Pendidikan Anak


Terdapat beberapa perbedaan yang mendasar pada Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan, diantaranya seperti yang dibahas dibawah ini


Tabungan Pendidikan Anak:

Bunga yang diberikan lebih kecil dari tabungan regular bank.

  1. Hasil tabungan hanya sekitar 3-6%, sehingga Anda sebaiknya hanya menggunakannya untuk menyimpan dana pendidikan dalam jangka pendek, sekitar 2-5 tahun.
  2. Ada biaya administrasi yang dikenakan pada nasabah seperti halnya tabungan regular bank.
  3. Ada asuransi yang ditanggung oleh bank, namun nilainya tanggungan nya kecil. Seandainya Anda meninggal saat belum jatuh tempo, maka ahli waris nasabah akan mendapat dana senilai jumlah tabungan yang ditargetkan pada akhir tempo. Misalnya Anda berencana menabung selama 5 tahun, tetapi karena sesuatu hal Anda meninggal saat tabungan baru berjalan 3 tahun. Maka ahli waris akan mendapakan dana sejumlah tabungan tersebut selama 5 tahun.
  4. Tingkat resikonya kecil.
  5. Prosesnya lebih mudah.
  6. Bunga yang diberikan lebih kecil dari tabungan regular bank.
  7. Hasil tabungan hanya sekitar 3-6%, sehingga Anda sebaiknya hanya menggunakannya untuk menyimpan dana pendidikan dalam jangka pendek, sekitar 2-5 tahun.
  8. Ada biaya administrasi yang dikenakan pada nasabah seperti halnya tabungan regular bank.
  9. Ada asuransi yang ditanggung oleh bank, namun nilainya tanggungan nya kecil. Seandainya Anda meninggal saat belum jatuh tempo, maka ahli waris nasabah akan mendapat dana senilai jumlah tabungan yang ditargetkan pada akhir tempo. Misalnya Anda berencana menabung selama 5 tahun, tetapi karena sesuatu hal Anda meninggal saat tabungan baru berjalan 3 tahun. Maka ahli waris akan mendapakan dana sejumlah tabungan tersebut selama 5 tahun.
  10. Tingkat resikonya kecil
  11. Prosesnya lebih mudah.

Asuransi Pendidikan Anak :

  1. Hasil dari pengumpulan dana bisa lebih besar dari tabungan pendidikan, karena dana Anda tersebut dijadikan produk investasi, seperti saham.

  2. Seandainya Anda selaku tertanggung meninggal, maka ahli waris akan mendapat dana tanggungan ditambah dengan hasil investasi. Misalkan Anda terdaftar dengan polis tanggungan sebesar 100 juta, dengan masa tempo 10 tahun menabung, tetapi karena sesuatu hal meninggal ketika tempo tabungan baru berjalan 5 tahun. Maka ahli waris akan mendapatkan dana sejumlah 100 juta ditambah dengan nilai investasi yang dikelola perusahaan asuransi dari premi yang Anda bayarkan setiap bulannya.

  3. Investasi ini bersifat jangka panjang, karena Anda tidak akan mendapatkan hasil investasi pada 5 tahun pertama, setelah lewat 5 tahun pertama baru akan mendapatkan hasil investasi.

  4. Biaya akuisisi yang dikenakan relatif besar.

  5. Resiko yang dihadapi lebih besar daripada tabungan pendidikan.


Wadah Dana Pendidikan Yang Tepat

Jika memilih berinvestasi untuk pendidikan anak sejak masih belum sekolah, sebaiknya Anda berinvestasi pada asuransi pendidikan. Sebab dengan jangka waktu yang panjang, Anda akan mendapatkan pencarian saat anak masuk sekolah TK, SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi. Jadi kalau anak masuk TK dana bisa diambil, masuk SD dana dapat diambil, begitu seterusnya tergantung masa kontrak asuransi. Penyetoran premi pun bisa dilakukan setiap bulan sesuai masa kontrak, dan perusahaan asuransi bisa menyesuaikan besaran premi dengan kemampuan dan jangka waktu yang diinginkan nasabah.

Ditambah lagi asuransi pendidikan adalah produk asuransi yang ditambah investasi yang digunakan untuk persiapan dana pendidikan sekaligus proteksi jiwa bagi nasabahnya. Sehingga jika nasabah meninggal dunia atau cacat total, anak akan tetap mendapatkan dana pendidikan yang telah ditetapkan, ditambah penggantian bea rumah sakit atau santunan jika meninggal. Masih diberikan juga uang hasil investasi, yang besarnya tergantung pengelolaan dana nasabah oleh perusahaan asuransi.

 

Masih bingung memilih mana yang tepat antara tabungan pendidikan anak atau asuransi pendidikan? Setia pilihan memiliki keunggulannya masing masing, Anda perlu mempertimbangkan manfaat yang akan diterima dan juga kondisi keuangan Anda sendiri. Misalnya saja untuk jangka pendek, akan lebih baik untuk memilih tabungan pendidikan anak. Begitupun sebaliknya, jika Anda memiliki tujuan jangka panjang, maka asuransi pendidikan lebih bagus karena hasilnya baru akan didapatkan setelah 5 tahun pertama.


Jadi orang tua yang memiliki banyak rencana itu penuh tantangan, tapi dengan BNI Life Solusi Pintar semua jadi jadi lebih mudah.Kepastian dana senilai 190% dari uang pertanggungan. Bebas premi jika terjadi risiko pada orang tua. Dana pendidikan terjamin hingga perguruan tinggi.


Sumber : cermati.com


Merencanakan Masa Depan

Apakah Anda sudah terlindungi?

Berikut adalah rekomendasi produk investasi terbaik dari BNI Life untuk mengatur keuangan Anda.

Blife Syariah Multipro Link

Untuk rencana masa depan yang cerah dan menentramkan

lebih lanjut

Solusi Proteksi Sehat

Solusi kesehatan yang komprehensif dan manfaat hidup berupa pengembalian premi.

lebih lanjut

BNI LIFE SMART EDUCATION

Produk Asuransi Jiwa Individu yang memberikan manfaat program perencanaan keuangan yang menyediakan Dana Pendidikan Anak berupa Tahapan Biaya Pendidikan dari TK sampai dengan Perguruan Tinggi, Uang Saku selama Kuliah dan Perlindungan Asuransi.

lebih lanjut