Siaran Pers
Peringati HUT ke 21, BNI Life Ajak Generasi Siap Indonesia Siapkan Bekal Masa Depan
28 Nov 2017
Siaran Pers
Peringati HUT ke 21, BNI Life Ajak Generasi Siap Indonesia Siapkan Bekal Masa Depan
28 Nov 2017

Jakarta, 28 November 2017 – 34% populasi penduduk Indonesia saat ini berusia yang berusia antara 21-40 tahun (BPS). Mereka kerap kali disebut generasi millennial, generasi siap penggerak ekonomi Indonesia. Kesiapan mereka akan rencana masa depan perlu difasilitasi. Secara  psikologis kelompok usia ini sudah memasuki usia dan tahapan menjadi dewasa, memasukitahapan kehidupan dimana mereka sudah mulai menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan mulai mewujudkan rencana masa depan mereka. 

Generasi Siap ini merupakan early adopter produk keuangan, termasuk di dalamnya asuransi. Beberapa studi menunjukkan prioritas keuangan generasi ini selain pengeluaran wajib regular (hidup, cicilan rumah/kendaraan), mereka juga mengalokasikan dana lebih terhadap beberapa produk keuangan (tabungan, investasi, hari tua), serta gaya hidup (entertainment, traveling, gadget) (Sumber: Nielsen 2015, Kompas 2017, Yuswohady 2017)

BNI Life, memasuki usia ke 21, siap membantu menginspirasi dan memfasilitasi generasi millenial Indonesia menjadi Generasi Siap Indonesia untuk menyiapkan rencana perlindungan bekal hidup masa depan mereka. Dengan mengusung kampanyebertema #Dewasa Itu, PT BNI Life Insurance (BNI Life) menyelenggarakan sejumlah kegiatan berupa kampanye pemasaran, talkshowkesehatan, kegiatan sosial dan sadar kesehatan (donor darah, pemeriksaan kesehatan kerja sama dengan Hermina Group,mamografi bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia) di Kantor BNI Life, Jakarta Pusat.

"Layaknya seorang yang beranjak dewasa, BNI Life, seiring dengan misi perusahaan dan semangat memasuki usia 21 tahun, siap membantu menginspirasi dan menfasilitasi generasi Millenial Indonesia menjadi Generasi Siap Indonesia, untuk bijak dan dewasa dalam menyiapkan bekal di setiap tahapan kehidupan di masa depan,” kata Plt Direktur Utama BNI Life Geger Maulana.

Talkshow bertema Generasi Siap, Generasi Sehat  ini menghadirkan pembicara Dr. Tri Maryani Kusuma Astuti dan Indi Barends, dengan tujuan untuk  edukasi dan pemahaman kepada generasi siap Indonesia akan pentingnya menyiapkan bekal kesehatan untuk masa depan mereka. 

Hasil riset yang dilansir Alvara Research Center pada Februari 2017, menunjukkan asuransi kesehatan menjadi kepemilikan terbesar nomor dua setelah kepemilikan tabungan bagi generasi siap Indonesia sebanyak 48,5%. Hal ini menunjukkan bukti adanya perubahan gaya hidup generasi milenial yang semakin peduli dengan kesehatan dan gaya hidup sehat. 

"Hasil temuan riset tersebutmenunjukkan  pemahaman generasi milenial akan pentingnya menyiapkan bekal masa depan perlu ditingkatkan, termasuk rencana perlindungan asuransi. Seperti halnya pengenalan sejak dini berupa risiko-risiko kehidupan, persiapan, perencanaan dan perlindungan keuangan. Saat ini, masih banyak dari generasi mereka atau keluarga muda yang belum memasukkan perencanaan keuangan ke dalam daftar strategi hidup jangka panjang, padahal pada tahap memasuki usia emas ini mereka sudah mapan secara ekonomi," jelas Geger Maulana.

Meskipun demikian peningkatan pemahaman mengenai bekal masa depan generasi siap Indonesia ini  membutuhkan pendekatan yang berbeda. Generasi Siap ini, memiliki kreatifitas tinggi, percaya diri, penuh energi dan terkoneksi dengan teknologi digital. Untuk itu, BNI Life, selain menyiapkan produk-produk perlindungan asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka, juga menyiapkan kemudahan layanan dan komunikasi dengan kesiapan transformasi teknologi dan digital. Hal ini diwujudkan melalui penggunaan platform website www.bni-life.co.id & media sosial (BNI LifeID) sebagai pilihan saluran komunikasi. Diharapkan, ke depannya nasabah semakin dimudahkan dalam melakukan proses pencarian informasi produk dan layanan, juga dalam menikmati layanan terbaik dari BNI Life. 

Geger Maulana menambahkan, pengembangan bisnis melalui kanal digital ini merupakan salah satu terobosan BNI Life dalam meningkatkan kinerja bisnis secara berkesinambungan. Selain langkah tersebut, strategi bisnis yang dilakukan BNI Life antara lain meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga pemasar, menciptakan produk asuransi yang memiliki manfaat lebih bagi nasabah, serta meningkatkan kualitas layanan.

Program peningkatan kualitas tenaga pemasaran ini telah dilakukan dengan memberikan edukasi bagi tenaga pemasar yang saat ini diperkuat dengan lebih dari 6000 tenaga pemasar baik dari saluran bisnis bancassurance, agency, employee benefits dan syariah. 

Sementara peningkatan kualitas layanan dalam bentuk menyediakan akses dekat, mudah dengan 7 Customer Care Center di kota besar Indonesia. Selain itu, BNI Life juga memberikan proses klaim tercepat saat ini yaitu hanya 25 menit dimana semua keunggulan ini sudah memperoleh beberapa penghargaan dari beberapa lembaga independen terpercaya. BNI Life juga mendapatkan beberapa penghargaan atas kesiapan layanan nasabah (call center dan e-mail center).

Dengan sejumlah pengembangan bisnis yang dilakukan BNI Life tersebut membuahkan hasil yang optimal. Hingga September 2017, BNI Life berhasil membukukan premi sebesar Rp 4,3 triliun, naik 27% jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Kontribusi terbesar pendapatan premi tersebut disumbang oleh kanal bancassurance dengan kontribusi mencapai 70% dari total perolehan premi saat ini. Kanal bancassurance tetap akan menjadi katalis pendorong pertumbuhan bisnis perseroan. Hal ini dikarenakan selain memperkuat sinergi dengan induk usaha BNI.

“Kami optimistis  dengan sejumlah langkah BNI Life dalam melakukan inovasi produk dan layanan guna memajukan kualitas hidup masyarakat, khususnya generasi siap Indonesia. Kami berharap produk asuransi kami dapat menjadi pilihan perencanaan dan perlindungan finansial masyarakat Indonesia, sehingga target kami untuk tumbuh bersama nasabah serta mampu meraih peringkat lima besar khususnya untuk kategori premi bisnis baru pada tahun 2019 dapat tercapai,” tutup Geger.


Sekilas mengenai PT BNI Life Insurance

PT BNI Life Insurance (BNI Life) merupakan perusahaan asuransi jiwa yang menyediakan berbagai produk asuransi seperti Asuransi Jiwa, Kesehatan, Pendidikan, Investasi, Pensiun dan Syariah. Pendirian BNI Life, sejalan dengan kebutuhan perusahaan induknya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, untuk menyediakan layanan dan jasa keuangan terpadu bagi semua nasabahnya (BNI Financial Service Group). Terhitung sejak tanggal 9 Mei 2014, BNI Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa joint venture di mana PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk tetap menjadi pemegang saham pengendali sebesar 60%; dan Sumitomo Life Insurance Company memiliki 39.99%.

Selain memasarkan produk-produknya melalui saluran distribusi Bancassurance, BNI Life juga memiliki saluran distribusi Employee Benefits, Agency dan Syariah. Saluran distribusi bancassurance BNI Life diperkuat oleh lebih dari 2000 sales force yang tersebar di seluruh kantor cabang BNI di Indonesia. BNI Life dibantu oleh Employee Benefits Consultant yang handal, hadir memberikan solusi untuk layanan kesejahteraan karyawan perusahaan. Diperkuat oleh 42 kantor pemasaran dengan lebih dari 2000 agen- agen berlisensi, Unit Agency juga mengembangkan produk strategis dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam terhadap asuransi jiwa. Melihatnya tingginya pertumbuhan pasar asuransi dan permintaan segmen Syariah, BNI Life juga memiliki unit Syariah akan terus dikembangkan di masa mendatang. 


Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Corporate Communication BNI Life

Telp: (+62-21) 2953 9999 ext.1124

Email: corporate.communication@bni-life.co.id 

Alamat: PT BNI Life Insurance – Centennial Tower 9th Floor

Jl. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930 – Indonesia