close

Halo, Apa yang Anda butuhkan?

Lengkapi data pribadi Anda di bawah ini

*Nama Anda
border_color
*Berapa Usia Anda
account_circle
*Tahap Kehidupan
accessibility keyboard_arrow_down
* Tanggungan Anda
group keyboard_arrow_down
* Penghasilan Anda Per Tahun
keyboard_arrow_down
*) Informasi wajib diisi.

Pilih solusi perlindungan yang sesuai tahap kehidupan Anda.

solusi_perlindungan_anda

Tips Lancar Wawancara Kerja Virtual

Wawancara kerja mungkin menjadi fase yang paling ditakutkan oleh setiap pelamar pekerjaan. Hal ini rasanya wajar karena sesi wawancara memiliki pengaruh besar apakah perusahaan tempat kita melamar akan menerima kita sebagai pegawai barunya atau tidak.

Wawancara kerja mungkin menjadi fase yang paling ditakutkan oleh setiap pelamar pekerjaan. Hal ini rasanya wajar karena sesi wawancara memiliki pengaruh besar apakah perusahaan tempat kita melamar akan menerima kita sebagai pegawai barunya atau tidak. Terlebih pada masa pandemi, meski dilakukan secara virtual nyatanya wawancara kerja tetap menjadi hal yang ditakuti oleh setiap pelamar kerja.


Mengingat hal itu, kita pasti menginginkan wawancara kerja berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Ada beberapa persiapan yang dapat dilakukan untuk menjamin sesi wawancara kerja virtual berjalan lancar.

  1. Membangun setting profesional

Ketika melakukan wawancara kerja virtual pastikan ruangan yang digunakan untuk wawancara rapih, setidaknya pada bagian background. Jika melakukan wawancara di rumah, cari bagian dari rumah yang netral untuk dijadikan latar belakang. Hindari untuk melakukan wawancara di tempat ramai karena pasti akan menjadi noise dan berisik selama wawancara berlangsung.

  1. Cek pencahayaan

Pencahayaan adalah hal yang sepele tetapi sebenarnya jika kita mampu menampilkan wajah secara jelas maka interaksi akan menjadi lebih intim karena pewawancara dapat melihat dan mengenali wajah kita. Selain itu penampilan juga menjadi penilaian sehingga kerapihan yang sudah dipersiapkan sebelumnya tidak sia-sia dan dilihat oleh pewawancara. Jika ruangan kita gelap dan tidak memiliki pencahayaan matahari yang baik maka kita bisa menggunakan lighting tambahan untuk mendapat pencahayaan yang bagus.

  1. Pastikan sambungan internet stabil

Internet menjadi kunci kelancaran sesi wawancara virtual. Kita harus memastikan tempat kita melakukan wawancara memiliki jaringan internet yang stabil, karena jika tidak hal itu mungkin akan berdampak besar dan kita gagal mendapatkan pekerjaan yang dilamar. Gangguan jaringan juga akan membuat kita menjadi grogi karena fokus kita terpecah ketika berusaha memperbaiki jaringan internet.

  1. Gunakan pakaian yang layak

Seperti wawancara kerja tatap muka, ketika wawancara virtual kita juga harus memperhatikan busana yang kita pakai. Pastikan kita memakai busana yang layak dan rapi sesuai dengan aturan yang diberlakukan di instansi tempat kita melamar pekerjaan.

  1. Lakukan simulasi

Sebelum melaksanakan wawancara virtual ada baiknya kita melakukan simulasi terlebih dahulu. Tujuannya adalah memastikan semua hal teknis yang kita persiapkan sudah sesuai dan kita mengetahui setiap fitur yang ada di dalam platform yang digunakan untuk wawancara. Selain itu hal terakhir yang dipersiapkan adalah pastikan ketika berbicara kita menatap kepada kamera bukan menatap diri sendiri di layar.

Persiapan wawancara yang matang akan membantu kita lebih percaya diri ketika melakukan sesi wawancara. Sehingga tidak ada salahnya kita untuk meminimalisir segala resiko gangguan yang ada ketika melaksanakan wawancara kerja secara virtual.



Sumber: Kompas.com


Mulai Bekerja

Apakah Anda sudah terlindungi?

Berikut adalah rekomendasi produk investasi terbaik dari BNI Life untuk mengatur keuangan Anda.

Produk Unggulan BNI Life Plan Multi Protection

Nikmati berbagai kemudahan dalam satu solusi

lebih lanjut

Spectra Double Power

Kepastian perlindungan atas jiwa dan uang Anda

lebih lanjut

Optima Group Life

Perlindungan atas resiko kecelakaan maupun bukan kecelakaan

lebih lanjut