Mulai Bekerja
Pelajari Soft Skills ini untuk Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anda Dalam Dunia Kerja
27 May 2020
Pelajari Soft Skills ini untuk Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anda Dalam Dunia Kerja
27 May 2020

Berikut ini adalah beberapa soft skill yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal:


1. Selalu Mencoba untuk Bersikap Apresiatif

Ketika kita banyak memberikan apresiasi terhadap suatu hal yang dikerjakan orang lain, maka sebagai imbal-baliknya kita juga akan semakin dihargai orang lain. Di sini kita menciptakan iklim yang hangat antar sesama teman kerja, kolega atau orang lain yang terlibat dalam pekerjaan.

Untuk menerapkan sikap ini tidak perlu memberikan pujian yang berlebihan terhadap orang lain. Kata-kata seperti: “Wow, itu sangat bagus tetapi menurut saya itu akan lebih baik jika ditambahi dengan ini….”. Itu bisa Anda katakan meskipun Anda tahu rencana yang lebih baik akan tetapi tetap harus menghargai karya orang lain. Dengan begitu orang lain akan semakin menghargai Anda.


2. Murah Senyum

Senyum adalah hal sepele namun terkadang sangat sulit untuk dilakukan. Untuk menjadi orang yang murah senyum perlu latihan untuk menunjang  interpersonal kita. Jangan pernah meremehkan hal ini! Dengan tersenyum otomatis memancarkan energi positif terhadap orang lain.


3. Simpatik

Jadilah orang yang simpatik karena meskipun itu hanya sekedar ucapan, akan tetapi dapat mempengaruhi orang lain untuk lebih tegar, lebih bahagia, lebih percaya diri dan lain sebagainya. Ungkapan simpatik merupakan hal yang sederhana namun memiliki efek besar terhadap suatu tindakan atau kondisi yang mereka alami. Jika Anda adalah orang yang simpatik terhadap kondisi orang lain, maka pasti Anda akan menuai hal yang sama dari orang lain.

Kaitannya dengan dunia kerja tentunya sangat gamblang. Efeknya tidak harus instan, akan tetapi yang pasti perbuatan Anda tersebut akan semakin mempermudah karir atau pekerjaan. Dan ingatlah kesuksesan itu terkadang timbul dari hal-hal yang tidak diduga.


4. AktifMendengar kan daripada Berbicara

Aktif mendengarkan lebih utama daripada aktif dalam berbicara karena lebih sulit menjadi pendengar yang baik daripada jadi pembicara ulung sekalipun. Tidaklah kita selalu mencermati kebesaran Tuhan, kenapa telinga kita dibuat dua dan mulut hanya satu? Telinga memiliki peran ganda yaitu untuk  mencermati dan mempelajari hal-hal yang tidak diketahui. Dengan banyak mendengar kita selalu mendapatkan keuntungan ganda, daripada banyak berbicara.


5. Kedepankan Sikap Kebersamaan 

Sudah menjadi kodrat manusia untuk menjunjung kebersamaan karena manusia adalah makhluk sosial dan tidak mungkin seorang manusia hidup tanpa ada manusia lain yang membantunya. Kebersamaan dalam dunia kerja akan meningkatkan produktivitas, memunculkan peluang untuk saling mengisi kekurangan dan membentuk kekuatan yang sulit untuk dikalahkan oleh pesaing. Dalam ruang lingkup yang lebih besar sifat kebersamaan ini akan menumbuhkan kebijakan-kebijakan dan win-win solution antara perusahaan dengan konsumennya.


6. Jangan Segan Untuk Mengulurkan Tangan

Jika Anda memiliki kesempatan dan kemampuan jadilah orang pertama yang menawarkan bantuan terhadap rekan kerja atau orang lain yang sedang membutuhkan solusi. Jangan segan untuk menawarkan bantuan karena kebaikan Anda tidak akan pernah dilupakan oleh mereka. Dengan begitu Anda akan menjadi orang yang dapat mereka percaya dan selalu akan siap membantu Anda ketika dalam kondisi yang sulit.


7. Perbaiki Cara Komunikasi

Untuk dapat berkomunikasi dengan baik memang diperlukan ilmu komunikasi yang mumpuni. Sangat beruntung jika Anda pernah mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi, karena Anda pasti mendapatkan bekal ilmu komunikasi yang baik. Akan tetapi jika Anda tidak pernah mengenyam pendidikan sekalipun, tetap Anda bisa mempelajari ilmu komunikasi. Caranya sederhana, sering-sering berdialog atau berkomunikasi dengan orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Namun yang lebih penting dari skill komunikasi dalam proses berbincang dengan orang lain adalah memikirkan matang-matang tentang hal yang ingin kita katakan. Jangan sampai kata-kata yang disampaikan menyakiti lawan bicara dan menimbulkan kesalahpahaman.

Ini sangat penting dalam dunia kerja. Karena kata-kata dapat mempengaruhi tingkat kredibilitas pekerjaan. Ingat bahwa dalam komunikasi Anda juga perlu menjadi pendengar yang baik dan jangan menyela ketika lawan bicara sedang mengutarakan pendapatnya.


8. Sesekali Cobalah Untuk Menghibur Seseorang

Untuk menghibur tidak harus menjadi lucu. Tetap dengan kepribadian Anda jadilah orang yang dapat menghibur rekan kerja atau kolega.


9. Empati

Berempati tidak hanya sekedar simpati. Terlebih dari itu untuk kondisi-kondisi tertentu Anda harus bisa memberikan kepedulian dan perhatian yang mendalam. Terkadang memang sulit untuk memberikan perhatian yang mendalam untuk suatu kasus atau kondisi tertentu. Akan tetapi Anda harus mencobanya.


10. Jangan Banyak Mengeluh 

Kalau kita berbicara jujur, tidak ada orang yang senang mendengarkan keluhan. Ini akan menggambarkan betapa rapuhnya Anda dalam menghadapi kehidupan ini. Simpanlah keluhan Anda dan hanya minta saran atau solusi dari orang-orang tertentu saja yang menurut Anda dapat mengatasi masalah yang dikeluhkan.


Artikel ini didukung oleh : Cermati.com