close

Halo, Apa yang Anda butuhkan?

Lengkapi data pribadi Anda di bawah ini

*Nama Anda
border_color
*Berapa Usia Anda
account_circle
*Tahap Kehidupan
accessibility keyboard_arrow_down
* Tanggungan Anda
group keyboard_arrow_down
* Penghasilan Anda Per Tahun
keyboard_arrow_down
*) Informasi wajib diisi.

Pilih solusi perlindungan yang sesuai tahap kehidupan Anda.

solusi_perlindungan_anda

Merawat Orang Tua Tak Berarti Lupa Merawat Diri

Orang tua harus tinggal bersama Anda dengan alasan kesehatan? Merawat orang tua jangan sampai membuat Anda lupa merawat diri, lho.

Ada beragam skenario di kepala yang kadang membuat Anda jadi cemas saat orang tua harus tinggal bersama Anda, mulai dari pertimbangan keuangan hingga kesiapan mental.  Agar tidak jadi beban, simak cara merawat orang tua tanpa lupa merawat diri.

Apa yang perlu Anda pahami?

  1. Kondisi kesehatan orang tua 

Ini adalah modal utama agar Anda bisa merawat dan menangani orang tua dengan tepat. Berkonsultasilah dengan dokter dan cari informasi  sebanyak mungkin dari sumber tepercaya untuk mendapatkan referensi dan solusi terbaik. Bila perlu, sharing dengan teman atau komunitasyang mungkin mengalami hal yang sama.

  1. Pola pikir dan perilaku orang tua

Sudah bagian dari siklus kehidupan bila orang tua akan kembali bertingkah seperti anak kecil saat lanjut usia. Ini saatnya Anda bertukar peran dengan merawat orang tua sebaik mereka merawat Anda saat kecil dulu.

  1. Privasi dan hak 

Mungkin niat Anda melindungi, namun bukan berarti Anda jadi serba melarang dan ambil tindakan tanpa berdiskusi dengan orang tua. Hormati mereka dengan memberi ruang dan privasi ketika mereka ingin melakukan kebiasaan atau hobi mereka. 

Apa yang perlu Anda siapkan?

  1. Mindset

Perubahan kondisi kesehatan akan memengaruhi sikap dan perilaku orang tua. Siapkan mental untuk menghadapi naik turun emosi saat merawat orang tua agar Anda lebih santai menjalaninya.           

  1. Waktu luang 

Bagi orang tua, makan bersama atau mendengarkan cerita tentang keseharian Anda di kantor itu lebih menyenangkan. Atur waktu Anda dengan efektif agar bisa membagi jadwal sehari-hari.    

  1. Pengelolaan finansial

Merawat orang tua membuat Anda menjadi sandwich generation: selain harus menyiapkan masa depan anak, juga menanggung perawatan orang tua. Selain tabungan dan investasi, berikan dukungan tambahan bagi keuangan keluarga dengan menjadikan asuransi sebagai bagian dari perencanaan finansial Anda. Misalnya dengan memilih produk asuransi kesehatan yang menawarkan proteksi untuk seluruh anggota keluarga.

Apa yang bisa Anda lakukan?

  1. Jadi pendengar yang baik

Orang tua hanya ingin didengarkan dan di-iya-kan. Karena itu, belajar untuk tidak membantah. Cukup turuti permintaan mereka yang Anda anggap baik, namun tolak permintaan yang tidak memungkinkan, misalnya ingin makan sate kambing padahal punya riwayat darah tinggi. Tetap gunakan tutur kata dan nada yang sopan, ya.

  1. Ajak traveling

Kini giliran Anda mengajak orang tua jalan-jalanBerbagai kegiatan ringan saat liburan bisa jadi cara efektif untuk menjaga kesehatan dan ingatan orang tua. Yang penting, sesuaikan dengan kondisi kesehatan mereka.  

  1. Tetap merawat diri sendiri

Fokus merawat orang tua jangan sampai membuat Anda lupa me time. Seperti instruksi saat pesawat akan lepas landas: Anda harus menolong diri Anda sendiri terlebih dulu sebelum menolong orang lain. Anda harus sehat dan bahagia agar dapat merawat orang tua dengan optimal. Jaga pola hidup sehat Anda dan tetap luangkan waktu nonton bersama pasangan, atau ngopi bareng sahabat.

Jadikan momen merawat orang tua sebagai kesempatan untuk membahagiakan mereka sekaligus kesempatan untuk jadi teladan bagi anak Anda. 

Bersama BNI Life Plan Multi Protection, rencanakan hari tua Anda lewat perlindungan seumur hidup atau sampai usia 90 tahun dengan pembayaran premi yang fleksibel dan masa pembayaran yang singkat. Dapatkan pula manfaat dari asuransi tambahan yang dapat digunakan sebagai perlindungan ekstra bagi pemegang polis atau orang tua tertanggung. 

Merencanakan Masa Depan

Apakah Anda sudah terlindungi?

Berikut adalah rekomendasi produk investasi terbaik dari BNI Life untuk mengatur keuangan Anda.

BNI LIFE PERISAI PLUS

Dapatkan manfaat perlindungan Asuransi Perisai Plus sebesar 300%

lebih lanjut

BLife Optima Executive Saving

Untuk masa purna bakti yang lebih sejahtera

lebih lanjut

BNI Life Sakinah Investa Link

Memberikan perlindungan jiwa dan investasi yang optimal sesuai prinsip syariah

lebih lanjut