Mulai Bekerja
Hindari Jenuh Bekerja, Lakukan 8 Hal Ini
14 Jun 2021
Hindari Jenuh Bekerja, Lakukan 8 Hal Ini
14 Jun 2021

Bekerja tidak hanya dilakukan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh atasan dan menerima gaji. Semangat kerja menjadi sesuatu yang penting agar pekerjaan yang kita lakukan dapat selesai secara maksimal dan kita menikmati setiap prosesnya sehingga pekerjaan tidak dianggap sebagai beban tanggungan.


Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bekerja lebih optimal.

  1. Selalu bawa energi positif

Berusahalah menjadi individu yang positif ditempat kerja karena hal itu juga akan menular ke lingkungan dan rekan kerja anda. Dengan lingkungan yang positif maka bekerja akan terasa lebih nyaman dan tidak melelahkan.

  1. Tinggalkan urusan pribadi

Hal ini murni dilakukan atas dasar profesionalitas dalam bekerja. Atasan dan rekan kerja akan sangat memerhatikan profesionalitas bekerja sehingga jangan pernah campurkan urusan pribadi dengan pekerjaan apalagi mengurus hal-hal pribadi ketika dalam waktu kerja.

  1. Membuat skala prioritas pekerjaan

Susun jadwal pekerjaan secara pribadi dan tentukan sesuai dengan prioritas tertinggi untuk dikerjakan. Lalu usahakan setiap tugas yang dilakukan memiliki deadline, jika atasan tidak memberi deadline maka tentukan deadline sendiri. Dengan memiliki perencanaan seperti itu bekerja dapat dilakukan dengan lebih efektif dan produktif. Pekerjaan juga lebih terstruktur sehingga menghindari terjadinya penumpukan kerjaan.

  1. Hindari multitasking

Multitasking akan menjadikan pekerjaan kita tidak efektif dan maksimal. Pada dasarnya otak hanya bisa fokus kepada satu pekerjaan dan jika kita melakukan lebih dari kapasitas otak maka pikiran akan menjadi terbagi-bagi dan menyebabkan tugas yang kita lakukan tidak maksimal. Cobalah untuk memberi pekerjaan yang bukan prioritas kepada bawahan atau rekan kerja yang sedang memiliki waktu luang.

  1. Tumbuhkan sifat inisiatif tinggi

Jika pekerjaan utama kita sudah selesai, cobalah untuk melakukan pekerjaan diluar job description. Jangan takut untuk menjadi individu dengan inisiatif tinggi karena hal tersebut bisa menjadi nilai tambah diri sendiri dalam pekerjaan. Persaingan kerja akan sangat keras sehingga tidak ada salahnya untuk terlihat lebih menonjol dibanding rekan kerja yang lain, tentu hal ini harus dilakukan secara sehat.

  1. Ciptakan hubungan harmonis dengan orang di kantor

Cobalah untuk membangun hubungan dengan setiap orang dikantor. Mulai dari office boy, rekan kerja, hingga atasan. Hubungan informal akan membuat kita akan merasa lebih nyaman ketika bekerja karena lingkungan kerja yang kita kenal dengan sangat baik. 

  1. Lakukan yang terbaik untuk pekerjaan

Hal ini perlu dilakukan bukan karena perintah dari atasan tapi yakinkan diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal karena kita adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

  1. Manfaatkan waktu istirahat

Atur pola yang seimbang antara bekerja dan istirahat. Dengan begitu tubuh dan pikiran tidak akan merasa sangat kelelahan yang justru menurunkan produktivitas kerja. Istirahat yang cukup diperlukan agar kita lebih prima ketika mengerjakan tugas-tugas berikutnya.


Semangat kerja tumbuh dari diri sendiri namun tetap dipengaruhi oleh lingkungan kerja. Jadi atur mindset positif dalam bekerja sehingga pekerjaan yang dilakukan tidak akan terasa melelahkan karena bagaimanapun pekerjaan akan menjadi rumah kedua.



Sumber: IDN Times