Mulai Bekerja
7 cara bekerja efektif dan efisien
08 Oct 2020
7 cara bekerja efektif dan efisien
08 Oct 2020

Agar pekerjaanmu selesai tepat waktu, kamu harus tahu bagaimana cara bekerja yang efektif seperti di bawah ini. Tapi ingat, jangan lupa juga untuk mempraktikkannya, ya!


1. Buat prioritas kerja

Cara bekerja efektif yang pertama adalah dengan menentukan prioritas dalam setiap pekerjaan kamu. Tentukan mana tugas yang paling prioritas dan mana yang tidak terlalu harus diselesaikan segera. 


2. Atur waktu dengan baik agar tetap produktif

Cara bekerja efektif lainnya yang harus kamu ketahui adalah memiliki time management yang baik. Pikirkan berapa waktu yang harus kamu habiskan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. 


3. Komunikasi adalah hal yang penting

Berada di dalam dunia kerja, itu artinya kamu tidak akan bekerja sendiri. Entah bekerja dengan tim, dengan klien, atau dengan atasan, kamu pasti akan berhubungan dengan orang lain. 

Salah satu cara bekerja efektif yang harus kamu lakukan adalah menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerjamu. Karena ketika kamu mampu menjalin komunikasi dengan baik, kamu akan mempersingkat waktu dan menghindari salah paham yang sering terjadi di dalam kerja tim. 


4. Ciptakan dan ikuti rutinitas

Manusia memiliki jam tubuh yang terbentuk karena kebiasaan. Entah itu jam makan, jam tidur, atau jam kerja. Nah, supaya pekerjaan berjalan efisien, kamu harus membuat rutinitas kerja kamu sendiri.


5. Ubah cara berpikirmu

Cara bekerja efektif selanjutnya adalah dengan mengubah mindset atau pola pikirmu.Dengan berpikir positif dan mengubah cara berpikir, kamu bisa lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan. Tak hanya bisa lebih cepat selesai, pekerjaan kamu pun bisa lebih baik hasilnya.


6. Singkirkan gangguan

Agar kamu dapat lebih fokus, kamu harus menyingkirkan gangguan yang bisa menghambat pekerjaanmu. Benda yang biasanya mengganggu kinerja kebanyakan karyawan adalah telepon genggam. 

Buat perjanjian dengan dirimu sendiri bahwa telepon genggam baru boleh dipegang saat makan siang.


7. Mengelola stres

Stres dapat menyebabkan masalah pada fisik dan mental yang pada akhirnya dapat menghalangi kinerja kamu. Itu sebabnya selalu kelola dan redakan stres dengan melakukan aktivitas seperti berolahraga, membaca, mendengarkan musik, yoga atau melakukan hobi di luar jam kerja.

Itulah beberapa cara bekerja efektif yang bisa kamu perhatikan. Pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu terkadang bukan karena terlalu banyak, tapi kamu kurang dapat mengatur pekerjaanmu dengan baik. Agar aktivitas kerjamu berjalan dengan lancar, cobalah praktikkan beberapa cara bekerja efektif di atas, ya.


Artikel ini didukung oleh:  ekrut.com