close

Halo, Apa yang Anda butuhkan?

Lengkapi data pribadi Anda
di bawah ini!

*Nama Anda
border_color
*Berapa Usia Anda
account_circle
*Tahap Kehidupan
accessibility keyboard_arrow_down
* Tanggungan Anda
group keyboard_arrow_down
* Penghasilan Anda Per Tahun
keyboard_arrow_down
*) Informasi wajib diisi.

Pilih solusi perlindungan
yang sesuai tahap kehidupan Anda.

Solusi perlindungan untuk Anda

6 Manfaat Pengembangan Diri Untuk Kamu Usia 20-an

Usia 20-an adalah tahun-tahun dimana kita sibuk membentuk identitas diri, menemukan model hubungan yang pas dengan seseorang hingga menemukan makna yang mendalam untuk hidup.

Usia 20-an adalah tahun-tahun dimana kita sibuk membentuk identitas diri, menemukan model hubungan yang pas dengan seseorang hingga menemukan makna yang mendalam untuk hidup.

Mungkin tujuan-tujuan yang kita buat terlalu berat untuk di dapat, namun usia saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulai semuanya. Dan tentu saja, mengembangkan potensi diri akan mempermudah kita mencapai tujuan yang kita buat.

Berikut Tujuan dan Manfaat dari Pengembangan Diri Untuk Usia 20-an!


1. Tujuan Utama Adalah Meningkatkan Kualitas Diri

Banyak dari generasi muda sekarang yang merasa dirinya tidak bernilai. Alasannya cukup sederhana, ya, selama ini kita lebih memilih kesenangan sesaat daripada memikirkan masa depan. Pengembangan diri dilakukan dengan memaksimalkan potensi. Jelas saja hal ini akan membantu kita menemukan nilai dalam diri sendiri. Artinya seiring waktu kita akan menyadari kualitas diri yang semakin meningkat. 


2. Menyadari Kelebihan dan Kekurangan Pada Diri Sendiri

Ini tentang kesadaran diri. Artinya kita perlu menyadari apa yang benar-benar menjadi kelebihan dan apa yang menjadi kekurangan. Dan seperti yang sudah-sudah dikatakan, mengetahui kekurangan atau kesalahan kita sendiri akan membantu kita mengetahui mana yang harus diperbaiki. Selain itu, mengenali kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri juga membantu kita untuk mencintai diri sendiri. Dengan begitu, kita lebih percaya diri untuk berdiri di atas kaki sendiri. 


3. Memberi Kita Kejelasan

Jika kamu inginkan kejelasan dalam hidup, lakukan pengembangan diri. Sebab saat kamu sudah merasakan pertumbuhan pada dirimu sendiri, secara otomatis kamu memiliki keberanian untuk menghilangkan segala hal yang menghalanginya.


4. Memanfaatkan Waktu Dengan Efektif

Di usia 20-an kita seringkali menghabiskan waktu tanpa kejelasan. Sampai kapan ini akan terus terjadi? Setelah pengembangan diri memberikan kita kejelasan dalam hidup, dan setelah kamu merasa lebih terarah dalam melangkah, maka secara otomatis kamu akan mendapati banyak tugas atau jadwal-jadwal penting setiap harinya. Disinilah kita mulai belajar untuk fokus pada prioritas. 


5. Tak Pernah Kehabisan Motivasi

Saat kita dalam kondisi yang berantakan, motivasi saja tidak cukup kuat untuk membangkitkan. Dalam arti, meskipun dihadapkan pada situasi yang berat, kamu tetap menghadapinya jika memang hanya jalan itu yang akan membuatmu lebih berkembang. Dan pada akhirnya kamu pun menyadari bahwa pengembangan diri membutuhkan proses yang panjang. Ini sebuah perjalanan yang berkelanjutan dari satu terminal ke terminal lainnya. Disinilah kita mulai memahami kebenaran dari sebuah tujuan. Bahwa impian adalah terminal terakhir setelah kita berhasil melewati berbagai macam ujian. Dan sekarang kita hanya perlu fokus pada apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk mencapai kesana! Bagaimana dengan karirmu? Apakah kamu masih termotivasi untuk mengejarnya? Mungkin kamu perlu membaca 7 Motivasi untuk Kamu yang Sedang Memperjuangkan Profesi Impianmu.


6. Memiliki Pertahanan Diri yang Kokoh

Pengembangan diri mungkin tidak mengubah kita menjadi manusia super. Tetapi setidaknya kita menjadi lebih kokoh sebab memiliki pertahanan diri dari dalam. Akan datang masa-masa sulit. Percayalah. Tapi tak apa, biarkan hal itu terjadi sebab dari sanalah kita menjadi lebih kuat lagi. Meskipun setiap harinya kita membicarakan hal positif, mendengarkan hal positif hingga melakukan segala hal positif, tidak berarti semuanya akan berjalan mulus! Kita mungkin merasakan kejelasan dalam hidup tapi hidup tak pernah bisa ditebak. Namun tak perlu takut, sebab pengembangan diri memberikan kita senjata untuk menghadapi hal-hal negatif di depan nanti! Selain itu, kamu juga bisa mempelajari : Prinsip Hidup Yang Harus Kamu Miliki Sebelum Usia 20-an


Artikel ini didukung oleh: golife.id

Merencanakan Masa Depan

Apakah Anda sudah terlindungi?

Berikut adalah rekomendasi produk investasi terbaik dari BNI Life untuk mengatur keuangan Anda.

BNI Life Hy End Pro Syariah

Memberikan ketenangan berinvestasi dan perlindungan jiwa Anda sesuai prinsip syariah

lebih lanjut

BNI LIFE SMART EDUCATION

Produk Asuransi Jiwa Individu yang memberikan manfaat program perencanaan keuangan yang menyediakan Dana Pendidikan Anak berupa Tahapan Biaya Pendidikan dari TK sampai dengan Perguruan Tinggi, Uang Saku selama Kuliah dan Perlindungan Asuransi.

lebih lanjut

Optima Cash Plan

Santunan dana tunai kesehatan terbaik untuk perusahaan Anda

lebih lanjut