4 Trik Atur Anggaran yang Teruji Zaman

Pernah merasa lega saat menemukan uang terselip di dompet atau saku celana? Memang, punya aplikasi pengatur anggaran saja kadang tak cukup.

Pernah merasa lega saat menemukan uang terselip di dompet atau saku celana? Memang, punya aplikasi pengatur anggaran saja kadang tak cukup. Menyelipkan uang di ‘tempat-tempat’ tak terduga pun jadi salah satu trik atur anggaran yang sudah teruji zaman. Yuk simak apa saja trik ‘jadul’ yang bisa kamu adaptasi dan terapkan di zamannya Millennials ini.

  1. Trik dengan amplop

Trik atur anggaran yang satu ini mengharuskan Anda memisahkan uang yang Anda dapatkan ke dalam amplop yang berdasarkan beberapa kategori tujuan pemakaian.        Agar trik amplop ini efektif, Anda tidak boleh menggunakan uang di dalam amplop A untuk keperluan B. Anda harus tegas dan konsisten untuk merealisasikan amplop anggaran Anda. Dengan melakukan trik ini, Anda akan mampu belajar disipilin dalam mengelola anggaran untuk menghindari sikap belanja berlebihan, dapat digunakan sebagai pos dana darurat, dan Anda pun tidak akan telat membayar cicilan.

  1. Aturan 50/30/20

Pengaturan anggaran klasik lainnya adalah dengan mengatur pengeluaran dengan dibagi menjadi tiga kategori yakni kebutuhan, gaya hidup, dan tabungan. 50% dana Anda digunakan untuk kebutuhan hidup seperti listrik dan belanja bulanan. 30% untuk gaya hidup seperti belanja pakaian, tv kabel, dan internet. 20% anggaran terakhir masukkan ke tabungan atau pembayaran utang. Besaran persentase dapat disesuaikan tergantung target keuangan Anda. Misalnya, menambah dana tabungan, mengurangi porsi pengeluaran gaya hidup, atau mengalokasikan dana untuk investasi.

  1. Nabung di celengan

Platform untuk menabung memang kini sudah beralih ke era digital. Namun, bukan berarti menabung di celengan sudah ditinggalkan orang. Kelebihan yang bisa didapatkan jika menabung di celengan diantaranya tidak ada biaya administrasi yang dikenakan, waktu menabung yang fleksibel, tidak memiliki setoran minimal, dan yang paling penting Anda tidak mudah tergoda untuk menggunakannya karena proses mengambil uang di dalam celengan sangat sulit.

  1. Ikut asuransi

Sebagai salah satu produk keuangan yang sudah teruji zaman, asuransi memiliki peran penting untuk mengelola keuangan sebagai jaminan masa depan pribadi dan keluarga untuk jangka panjang, serta sebagai persiapan menghadapi hal yang tidak terduga. Asuransi dapat melindungi berbagai aset, mulai aset kesehatan, properti, bisnis, dan pendidikan. Dengan adanya asuransi, tabungan Anda tetap masih terjaga tanpa harus pinjam uang yang bisa mengganggu kestabilan keuangan. Risiko utama dalam hidup adalah adanya ketidakpastian. Untuk itu asuransi diperlukan untuk mengurangi tingkat risiko, sehingga kehidupan tetap berjalan baik. 

Dengan usia yang semakin bertambah, bersikap dewasa dan bijaksana sangat diperlukan untuk menjalani kehidupan termasuk mengatur keuangan. Manfaat dari mengatur keuangan ini kelak Anda akan rasakan jika dilakukan dengan baik dan disiplin. Jika sudah begitu, kesuksesan tak lagi jadi angan. 

Melalui berbagai produknya, BNI Life membantu Anda merencanakan dan mewujudkan masa depan sejahtera dengan program perlindungan dan investasi yang tepat.

Mulai Bekerja

Apakah Anda sudah terlindungi?

Berikut adalah rekomendasi produk investasi terbaik dari BNI Life untuk mengatur keuangan Anda.

Sakinah Investa Link

Perlindungan Jiwa dan Manfaat Investasi Bebas Memilih Pilihan Investasi Pembayaran Kontribusi Sekaligus Dikelola secara Syariah

lebih lanjut

Blife Plan Multi Protection - Pension Plan

Premi Ringan Bebas Biaya Administrasi tahun pertama Pilihan Investasi Fleksibel

lebih lanjut

Investa Plus

Perlindungan Jiwa dan Manfaat Investasi Bebas Memilih Pilihan Investasi Pembayaran Kontribusi Sekaligus Dikelola Secara Syariah

lebih lanjut