4 Langkah Awal Mempersiapkan Dana Pendidikan Untuk Anak

Pendidikan adalah bekal terbaik yang bisa Anda berikan untuk masa depan anak. Mulailah siapkan biaya pendidikan buah hati sejak hari ini.

Menjadi orang tua bukan bukan hal yang mudah. Mempersiapkan anak untuk menjadi seseorang pun suatu tantangan tersendiri. Pendidikan salah satunya. Lagi-lagi bukan perkara mudah, terutama terkait dana pendidikan. Dikutip dari Kompas.com, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 10% per tahun.  Berencana sejak dini tak ada salahnya. Kesempatan Anda akan semakin besar bagi buah hati memiliki bekal terbaik guna menyambut masa depan yang cemerlang. Yuk, mulai menyiapkan dana pendidikan untuk anak dari sekarang. Ada 4 langkah mudah menyiapkannya seperti berikut: 

  • Cari Tahu Informasi Biaya Pendidikan

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai sekolah unggulan sesuai kebutuhan anak Anda. Pahami dengan baik dan buatlah perbandingan dengan mempertimbangkan lokasi, kualitas pengajar, fasilitas sekolah, kegiatan non-akademik, dan biaya pendidikan. Perhitungkan pula kemungkinan pengeluaran lain, seperti uang pangkal, pembelian buku dan seragam, biaya ekstrakurikuler, dan sebagainya.

  • Berpikir Realistis

Usai melakukan perbandingan, eliminasi sekolah-sekolah yang tidak memungkinkan dikenyam oleh buah hati. Anda perlu realistis dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk anak  dan menyesuaikannya dengan kemampuan Anda. Jangan sampai menggangu kondisi finansial keluarga.

  • Menabung Sejak Dini 

Alokasikan setidaknya 10% penghasilan bulanan Anda untuk pendidikan anak sejak Anda berencana memiliki anak. Untuk melengkapi biaya pendidikan, lakukanlah investasi dari sekarang. Deposito yang menawarkan bunga lebih tinggi dibanding rekening biasa atau investasi emas yang nilainya cenderung naik 10%-20% setiap tahunnya bisa jadi pilihan.

  • Manfaatkan Asuransi Pendidikan

Dengan asuransi pendidikan, Anda tidak hanya mendapatkan akumulasi dana yang lebih besar ketimbang menabung di rekening biasa, tapi juga jaminan anak Anda menyelesaikan pendidikannya tepat waktu meskipun terjadi peristiwa tak terduga. Selain itu, umumnya asuransi pendidikan dapat digabungkan dengan manfaat asuransi lain (rider), seperti asuransi kesehatan atau pertanggungan bila mengalami kecelakaan.

Meski bukan jaminan sukses, menempuh pendidikan berkualitas akan memberikan metode belajar yang baik sekaligus kebanggaan tersendiri bagi pelajarnya yang juga jadi nilai plus ketika hendak mencari pekerjaan kelak. 

Persiapkanlah sejak dini segala sesuatu yang buah hati butuhkan untuk mengenyam pendidikan terbaik bersama Asuransi BNI Life. Dengan syarat kepersertaan anak usia 0-9 tahun dan pembayaran premi yang fleksibel, Asuransi BNI Life hadir dengan manfaat proteksi dan dana pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. 

Menjadi Orang Tua

Apakah Anda sudah terlindungi?

Berikut adalah rekomendasi produk investasi terbaik dari BNI Life untuk mengatur keuangan Anda.

Asuransi Jiwa Pembiayaan Syariah

Perlindungan Pembiayaan Peserta Dikelola Secara Syariah

lebih lanjut

Sakinah Multipro Link

Perlindungan Jiwa dan Manfaat Investasi Bebas Memilih Pilihan Investasi Pembayaran Kontribusi Sekaligus Dikelola secara Syariah

lebih lanjut

Optima Group Life

Perlindungan atas resiko kecelakaan maupun bukan kecelakaan

lebih lanjut