close

Halo, Apa yang Anda butuhkan?

Lengkapi data pribadi Anda
di bawah ini!

*Nama Anda
border_color
*Berapa Usia Anda
account_circle
*Tahap Kehidupan
accessibility keyboard_arrow_down
* Tanggungan Anda
group keyboard_arrow_down
* Penghasilan Anda Per Tahun
keyboard_arrow_down
*) Informasi wajib diisi.

Pilih solusi perlindungan
yang sesuai tahap kehidupan Anda.

Solusi perlindungan untuk Anda

4 Cara Siapkan Dana Cadangan Masa Depan

Hal-hal tidak terduga sering terjadi dalam kehidupan Anda. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda memiliki dana darurat atau dana cadangan agar keadaan finansial Anda tetap stabil sekalipun terjadi keadaan mendesak. Pastikan Anda langsung menyisihkan sebagian penghasilan Anda agar jumlah minimal dana darurat sebesar tiga kali penghasilan bisa terpenuhi.

Hal-hal tidak terduga sering terjadi dalam kehidupan Anda. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda memiliki dana darurat atau dana cadangan agar keadaan finansial Anda tetap stabil sekalipun terjadi keadaan mendesak. Berikut beberapa cara menyiapkan dana darurat yang perlu Anda ketahui:

  1. Siapkan dana tiga kali dari pengeluaran bulanan

Jumlah ideal dana darurat adalah minimal tiga kali dari pengeluaran bulanan. Anda bisa menentukan nominal yang harus Anda sisihkan tiap bulannya dari seberapa besar risiko yang dapat terjadi pada Anda di masa depan. Mulailah menabung dari Rp 50.000 per minggu dan terus meningkat seiring dengan kondisi finansial Anda.

  1. Jadikan dana darurat sebagai utang

Dana darurat bisa Anda anggap sebagai utang agar tidak dapat digunakan sama sekali. Jika terpaksa menggunakan dana darurat, biasakan untuk sesegera mungkin mengembalikannya agar dana Anda aman dan dapat digunakan kembali bila terjadi kondisi mendesak.

  1. Mencari side job

Jika angka pemasukan Anda selama ini tidak memungkinkan Anda untuk banyak menabung, tak ada salahnya mencari sumber dana lainnya lewat pekerjaan sampingan. Anda bisa menjadikan hobi atau soft-skill yang dimiliki sebagai pilihan untuk side-job. 

  1. First In Never Out (FINO)

Setiap kali Anda menerima penghasilan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyisihkan sebagian untuk membentuk dana darurat. Walaupun dana darurat sudah mencapai ideal, tidak ada salahnya untuk tetap meningkatkan jumlahnya. Untuk mewaspadai jika ada kejadian atau kebutuhan yang membutuhkan dana darurat secara cepat, sebaiknya Anda menyimpannya dalam instrumen keuangan yang bersifat likuid seperti tabungan dan giro.

Dukung langkah-langkah mempersiapkan dana cadangan dengan memiliki asuransi. Asuransi bisa membantu Anda mengelola risiko masa depan dengan mengalihkan beban kejadian tak terduga kepada perusahaan asuransi dan meminimalisasi dampak finansialnya.

Asuransi BNI Life membantu Anda menyiapkan bekal finansial di masa depan dengan rangkaian produk asuransi mulai dari perlindungan kesehatan untuk Anda dan keluarga, perencanaan dana hari tua, perencanaan tabungan, hingga perlindungan jiwa. Untuk informasi lebih lengkap tentang produk kami, kunjungi kantor cabang BNI terdekat  atau kantor pemasaran BNI Life di kota Anda, hubungi tenaga pemasar kami, atau jelajahi situs BNI Life.


Merencanakan Masa Depan

Apakah Anda sudah terlindungi?

Berikut adalah rekomendasi produk investasi terbaik dari BNI Life untuk mengatur keuangan Anda.

BNI LIFE SMART EDUCATION

Produk Asuransi Jiwa Individu yang memberikan manfaat program perencanaan keuangan yang menyediakan Dana Pendidikan Anak berupa Tahapan Biaya Pendidikan dari TK sampai dengan Perguruan Tinggi, Uang Saku selama Kuliah dan Perlindungan Asuransi.

lebih lanjut

Blife Syariah Multipro Link

Untuk rencana masa depan yang cerah dan menentramkan

lebih lanjut

BLife Optima Executive Saving

Untuk masa purna bakti yang lebih sejahtera

lebih lanjut