close

Halo, Apa yang Anda butuhkan?

Lengkapi data pribadi Anda
di bawah ini!

*Nama Anda
border_color
*Berapa Usia Anda
account_circle
*Tahap Kehidupan
accessibility keyboard_arrow_down
* Tanggungan Anda
group keyboard_arrow_down
* Penghasilan Anda Per Tahun
keyboard_arrow_down
*) Informasi wajib diisi.

Pilih solusi perlindungan
yang sesuai tahap kehidupan Anda.

Solusi perlindungan untuk Anda

10 Cara Mudah Berteman di Tempat Kerja Baru

Tidak semua orang bisa atau setidaknya mengetahui cara berteman di tempat kerja baru dengan mudah, apa lagi jika orang tersebut agak bersifat tertutup.

Memulai sebuah pekerjaan di lingkungan yang baru tidak pernah mudah. Anda harus beradaptasi dengan banyak hal baru, termasuk mulai berteman dengan rekan kerja di tempat kerja baru.

Berteman dengan rekan kerja lain sangat penting untuk Anda lakukan. Tidak hanya untuk bisa bekerja sama dengan baik, sebagai “anak baru” Anda juga bisa mencari tahu hal-hal apa saja yang harus Anda ketahui tentang perusahaan tersebut.

Tidak semua orang bisa atau setidaknya mengetahui cara berteman di tempat kerja baru dengan mudah, apa lagi jika orang tersebut agak bersifat tertutup. Jika Anda merupakan salah satunya, ikuti beberapa cara berikut ini:


1. Perkenalkan Diri dengan Baik

Hal yang pertama adalah memastikan Anda memperkenalkan diri dengan semua orang yang Anda temui, khususnya rekan kerja yang akan satu tim dengan Anda.


Cari kesempatan untuk berbincang singkat dengan rekan kerja seperti misalnya ketika bertemu di toilet, pantry atau lift dan lobby kantor.


Tanyakan hal ringan seperti bagaimana suasana kerja, peran/divisi mereka di perusahaan, rekomendasi makanan kantin yang enak dan sebagainya.


2. Hafalkan Nama Rekan Kerja

Menghafalkan nama karyawan lain yang baru Anda temui akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi diri Anda. Karyawan lain akan merasa dihargai dan lebih dekat dengan Anda.


3. Makan Siang di Luar Kantor

Ikut makan siang bersama di luar kantor merupakan cara yang mudah untuk bertemu dan saling mengenal rekan kerja Anda satu sama lain. Di sisi lain, makan siang di luar kantor juga merupakan cara untuk benar-benar beristirahat sejenak dari pekerjaan.


4. Ngopi Bersama

Untuk yang satu ini Anda memerlukan sedikit keberanian. Tawarkan rekan kerja Anda untuk ngopi bersama setelah jam pulang kantor (after office).


Selain bisa lebih mengakrabkan diri dan mengenal satu sama lain, ada kemungkinan mereka juga akan balik mengajak Anda untuk hangout bersama di lain waktu.


5. Makan Malam Bersama

Tanya kepada rekan satu tim Anda, apakah mereka bersedia untuk makan malam bersama sepulang kerja misalnya di restoran dekat kantor atau mall tertentu. Suasana yang santai akan mendorong terbukanya percakapan sehingga hubungan Anda dan mereka akan terjalin dengan lebih baik.


6. Atur Tempat Kerja Anda

Dekorasi seperti foto atau pajangan kecil yang relevan dengan sifat dan minat Anda bisa membantu orang lain untuk lebih memahami Anda. Hal ini juga bisa menghasilkan perbincangan kecil ketika mereka lewat di depan meja Anda dan merasa dekorasi tersebut menarik.


7. Bergabung dengan Kelompok Tertentu di Perusahaan

Misalnya saja Anda mendaftarkan diri untuk bergabung dengan kelompok futsal atau pecinta film di kantor. Coba bergabung dengan kelompok yang memiliki kegiatan sesuai dengan minat Anda.


8. Membawa Makanan

Makanan selalu bisa menjadi faktor yang mendekatkan banyak orang. Rekan kerja Anda akan menghargai jika Anda bersikap sopan termasuk ketika menawarkan makanan. Kesempatan ini bisa membuka jalan bagi Anda untuk berinteraksi lebih banyak dengan orang lain.


9. Membuat Grup Chat

Jika Anda sudah tahu mengenai apa saja minat yang sama dengan rekan kerja yang lain, beranikan diri untuk membuat grup chat, seperti group WA (whatsapp) sehingga semua orang dapat saling berbincang.


Tidak harus soal pekerjaan, bisa jadi mengenai olahraga, film, fashion hingga resep masakan.


10. Kerja di Luar Meja Kerja atau Cubicle

Jika peraturan perusahaan memperbolehkan Anda bekerja secara mobile (tidak harus di meja kantor atau bahkan tidak harus di kantor), coba untuk bekerja di area lain seperti sofa lobby sehingga Anda bisa bertemu dengan karyawan lain selain rekan satu tim.

Mulai Bekerja

Apakah Anda sudah terlindungi?

Berikut adalah rekomendasi produk investasi terbaik dari BNI Life untuk mengatur keuangan Anda.

BLife Ekawarsa Syariah

Hadirkan ketenangan hakiki dalam hidup anda

lebih lanjut

BLIFE SPECTRA LINK

Produk Asuransi Jiwa dengan Proteksi dan Investasi

lebih lanjut

Produk Unggulan Optima Group Saving

Jaminan Perlindungan Masa Depan Hari Tua

lebih lanjut